Cara Terbaru Membuat Paspor Lengkap Dengan Rician Biaya Dan Persyaratan

paspor online

Saat ini memang yang namanya pergi keluar negeri bukan lagi menjadi suatu hal yang asing. Bahkan kini perlu keluar negeri pun sudah menjadi salah satu gaya hidup bagi banyak masyarakat. Sebenarnya ada banyak sekali berbagai macam aktivitas ataupun kegiatan yang sering mereka lakukan di luar negeri. Seperti bekerja, jalan-jalan, hingga ibadah. Namun tentu saja untuk bisa pergi keluar negeri kita pun tidak bisa sembarangan begitu saja. Tapi anda wajib memiliki yang namanya pasport. Karena paspor ini yang nantinya akan dijadikan sebagai identitas anda selama berada di luar negerti tersebut. Kalau anda sendiri tidak memiliki paspor, tentunya anda tidak bisa pergi ke luar negeri dan di anggap sebagai imigran gelap yang bisa di deportasi ataupun didenda. Oleh karena itu bagi anda yang mungkin berencana untuk melakukan yang namanya perjalanan ke luar negeri, dan belum memiliki papsor, sebaiknya segera untuk membuat paspor. Tenang saja saat ini justru untuk proses pembuatan dari paspor online pun sudah semakin mudah saja dibandingkan dengan dulu yang mungkin terkesan cukup rumit.

Lantas bagaimana Cara Terbaru Membuat Paspor Lengkap Dengan Rician Biaya Dan Persyaratannya. Untuk itu anda bisa mengulik ulasan cara untuk pembuatan dari paspor, diantaranya yaitu :

Syarat pembuatan paspor yang baru
Sebelum anda membuat paspor yang baru, tentunya terlebih dahulu anda harus menyiapkan beberapa dokumen yang dibutuhkan. Dimana nantinya dokument tersebut yang akan anda bawa ke kantor imigrasi untuk proses pembuatan paspor berikut ini beberapa persyaratan dan dokument untuk pembuatan paspor, diantaranya yaitu :
– Membawa e-KTP yang asli beserta fotocopynya
– Membawa akte kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis yang asli, dan jangan lupa untuk membawa fotocopynya. Namun anda hanya cukup memilih satu dokument saja yang didalamnya memang sudah terdapat informasi mengenai nama, tempat tanggal lahir dan juga nama dari orang tua
– Kemudian membawa kartu keluarga yang asli dan juga fotocopynya
– materai
porses pembuatan paspor yang baru secara manual
– Datang langsung ke kantor imigrasi setemapt yang ada di kota tempat tinggal anda. Sebaiknya anda datang pada pagi hari atau sebelum ham 12 siang. Karena untuk jumlah pemohon setiap harinya hanya dibatasi 200 orang saja
– Siapkan semua dokument yang dibutuhkan untuk proses pembuatan paspor tersebut
– Lalu anda bisa mengisi formulir untuk permohonan paspor yang sudah disediakan pada loket permohonan paspor yang terdapat di kantor imigrasi.
– Isilah data paspor sesuai dengan yang ada pada dokumen resmi yang anda miliki.
– Setelah semua formulir sudah anda isi, maka anda bisa menyerahkannya ke loket untuk membuat paspor baru. Setelah itu anda nantinya akan mendapatkan bukti tanda terima dan juga jadwal untuk proses pengambilan sidik jari dan juga foto
– Setelah anda sudah melakukan pengambilan sidik jari dan juga foto, maka tahap selanjutnya adalah anda akan melakukan yang namanya wawancara. Fungsi dari wawancara ini adalah untuk memverifikasi dokumen yang asli dengan keterangan yang sudah anda tuliskan sebelumnya pada formulir pembuatan paspor. Selain itu juga nantinya saat proses wawancara anda akan diberikan pertanyaan mengenai tujuan membuat paspor tersebut. Sebaiknya anda harus menjawab semua pertanyaan tersebut dengan jujur. Karena nantinya izin yang akan diberikan akan disesuaikan dengan hasil wawancara yang sudah dilakukan.
– Jika semua tahap atau proses sudah anda lewati, maka selanjutnya anda bisa bisa langsung melakukan yang namanya pembayaran. Setelah itu nantinya anda akan mendapatkan informasi mengenai kapan paspot milik anda selesai dan bisa untuk di ambil.
Lantas bagaimanakan dengan masalah biaya yang harus dibayarkan. Untuk biaya yang harus dibayar membuat paspor baru ini adalah sekitar Rp.300 ribuan, sedangkan biaya pembuatan E-paspor sendiri sekitar Rp.600 ribuan. Namun sebaiknya anda membawa uang lebih. Nantinya anda bisa membayar dengan menggunakan rekening dari beberapa bank yang telah di tuju, seperti Bank BCA, Bank BNI dan yang lainnya. Biasanya pihak imigrasi akan memberikan kebijakan untuk pengambilan paspor ini dilakuakn setelah 3 hari anda melakukan pembayara ke Bank, dengan menunjukan bukti pembayaran pada lokek pengambilan paspor. Berikut ini rincian untuk biaya pembuatan paspor baru:
– Biaya untuk pembuatan paspor 48 halaman Rp.300.000
– Biaya untuk pengganti paspor 48 halamann hilang/rusak Rp.600.000
– Biaya untuk pengganti paspor 48 halamanan rusak
yang masih berlaku Rp.300.000
– Pembuatan paspor biasa 24 halaman Rp.100.000
– Biaya untuk pengganti paspor 24 halamann hilang/rusak Rp.100.000
– Biaya untuk pengganti paspor 24 halamann rusak
Yang masih berlaku Rp.50.000
– Biaya pembuatan E-paspor/paspor elektronik Rp.350.000
– Biaya perjalanan laksana paspor WNI/ Orang Rp.50.000
– Biaya perjalanan laksana paspor untuk WNI 2 orang Rp.100.000
– Biaya untuk jasa penggunaan tekhnologi sistem penerbitan
Paspor berbasis biometrik Rp.55.000
Tentu saja biaya diatas sewaktu-waktu dapat berubah. Karena memang biasanya setiap tahun harga atau biaya yang akan dikenakan selalu saja mengalami yang namanya kenaikan. Jadi tentu saja anda pun memang harus rajin untuk selalu mengupdate mengenai berbagai macam info terbaru Cara Terbaru Membuat Paspor Lengkap Dengan Rician Biaya Dan Persyaratan. Sebab bisa saja selain tarik atau biayanya yang naik, ada beberapa persyaratan yang di ubah. Namun untuk mendapatkan info mengenai Cara Terbaru Membuat Paspor Lengkap Dengan Rician Biaya Dan Persyaratan tersebut, memang kini sudah semakin dimudahkan saja. Sebab kini kita bisa mengakses berbagai macam info dengan mudahnya melalui jaringan internet atau sosial media. Sehingga info yang akan didapatkan pun menjadi lebih mudah dan juga cepat sekali.

Kalau anda sedang berencana akan pergi berlibur ke luar negeri, atau berbagai macam aktivitas yang lainnya, dan sampai saat ini masih belum memiliki yang namanya paspor. Sebaiknya anda segera mendatangi kantor imigrasi setempat, supaya bisa segera mendapatkan paspor yang memang nantinya akan anda jadikan sebagai identitas diri selama berada di luar negeri. Ibaratnya paspor tersebut kita jadikan sebagai KTP selama sedang berada di negara orang. Jangan sampai anda di anggap sebagai turis ilegal karena tidak memiliki yang namanya paspor.

Terlebih lagi untuk bisa membuat ataupun memiliki paspor pun tidaklah sulit, dan anda juga bisa langsung mencoba info yang sudah kami bagikan mengenai Cara Terbaru Membuat Paspor Lengkap Dengan Rician Biaya Dan Persyaratan diatas. Yang paling terpenting adalah anda harus meluangkan sedikit waktu untuk mengurus pembuatan paspor ini, yang terkadang memang membutuhkan waktu berhari-hari. Semoga tips atau info yang sudah kami bagikan mengenai Cara Terbaru Membuat Paspor Lengkap Dengan Rician Biaya Dan Persyaratan bisa bermanfaat dan menjadi referensi.

Sumber : http://www.pasporonline.com/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*